Bukan siapa-siapa

Indonesia Menopause?


~Indonesia Menopause?~



@renniyp
#Latepost

Sebentar lagi jalanan akan dipenuhi oleh hiruk pikuk masyarakat, anak-anak sekolah, para guru yang mengarahkan siswanya agar tetap berada dalam barisan, para pedagang es yang berjejer di tepi jalan, para pengguna setia sosial media juga tak mau kalah, timeline2 mulai dipenuhi dgn ucapan dirgahayu Republik Indonesia, selamat hari kemerdekaan Indonesia, dan sebagainya.

Ya, hari ini adalah hari kemerdekaan Indonesia yg ke 71. Jika dikaji, 71 adalah umur yg sudah cukup tua bagi manusia. Bagaimana dgn sebuah negara? Apakah negara juga memiliki umur yang ideal? Apakah negara memiliki masa tua? Bisa jadi!!!

Bisa jadi angka ke 71 adalah masa menopausenya negara ini. Atau bahkan dua tahun yg akan datang. Sehingga sejarah kembali mencatat, kemerdekaan Indonesia berakhir pada usia 71 misalnya. Indonesia berakhir pada masa kepresidenan Jokowi misalnya..
Lalu mengapa hal itu bisa terjadi?

Coba diingat2 kembali, siapa sebenarnya yg diuntungkan dr kemerdekaan ini? Siapa sebenarnya yg benar2 merdeka? Apakah rakyat Indonesia sudah merdeka seutuhnya?
Ataukah Indonesia HANYA sekedar STATUS MERDEKA?



Anak2 yg seharusnya menjadi harapan bangsa kini seakan tak dapat diharapkan lagi, moral yg semakin tidak karuan, para guru yang tak lagi dihormati.
Apa yang salah? Siapa yang salah? Sudahlah, jgn saling menyalahkan, kata mereka.


Tapi sadarkah? Hal itu adalah salah satu penyebab matinya kemerdekaan, selain para pejabat yg kini semakin jaya, hukum yg tak lagi ditakuti lantaran penegak hukum yg kurang tegas, mereka yg mengutamakan kepentingan pribadi diatas kepentingan umat.
Berkacalah pada para pejuang.
Semoga kita dijauhkan dari pemimpin yg Dzaliim, Aamiin..
‪#‎SarapanKataKMO02‬
‪#‎1000penulismuda‬

No comments:

Post a Comment