Bukan siapa-siapa

Hidup Tidak Melulu Tentang Fisik, Short Review Webtoon LOOKISM


Hasil gambar untuk lookism dua seok


People are nice to me because of how I like, and part of me likes that, but part of me feels guilty because I haven't done anything to deserve it.― Ted Chiang, Stories of Your Life and Others

LOOKISM merupakan webtoon yang ditulis oleh Taejoon Park yang bergenre drama. Di webtoon ini bercerita tentang seorang cowok yang memiliki 2 tubuh, namanya Park Hyung Seok. 


Seok memiliki tubuh yang gimbal dan berbadan pendek. Ia selalu di bully di sekolahnya. 
Setiap hari Seok harus menjadi pikachu untuk Tae Lee, di suruh ini itulah. 
Singkat cerita saking ga kuatnya lagi, Seok minta pindah sekolah sama mamanya. 
Awalnya mama Seok tidak mengizinkan anaknya pindah sekolah, karena tidak ada biaya.

 Ya,Seok bukanlah dari keluarga kaya. 
Seok marah ke mamanya. Cuma di depan mamanya ia merasa sok kuat, berani meluapkan emosinya.
Ia merasa menjadi manusia sampah yang tak berguna.

Malam itu, mamanya sedih memikirkan nasib anaknya.
Keesokan harinya mama Seok ke sekolah, ini pertama kalinya mamanya ke sekolah. Saat itu ia melihat langsung Seok sedang di bully. Tapi lagi-lagi Seok lebih membela temannya dari pada mamanya karena ia takut akan dibully lagi.
Akhirnya mama Seok memutuskan untuk mengizinkan anaknya pindah sekolah.

Seok dengan semangat baru, memulai hidupnya di tempat lain, berharap hari esok ia memiliki teman baru yang menyenangkan.
Dan tadaaaa... hal itu benar-benar terjadi.
Ketika Seok bangun dari tidurnya, tiba-tiba ia merasa aneh, tubuhnya menjadi lebih ringan, kamarnya menjadi lebih pendek hampir mencapai kepalanya.
ketika ia melihat ke cermin, ada sosok lain yang sedang berada dalam cermin. 
Ternyata ketika bangun, ia telah memiliki 2 tubuh yang berbeda. 
Perbedaan yang sangat kontras. Tubuh barunya sangat tampan. 

Ia mempelajari bagaimana cara tubuh itu bisa bertukar, beradaptasi dengan tubuhnya yang baru. Lalu Seok memutuskan untuk menggunakan tubuhnya yang tampan untuk ke sekolah, dan tubuh lamanya untuk bekerja paruh waktu di toko.

Kehidupan mulai berpihak padanya. Semua orang menyukainya, memandangnya dengan tatapan takjub. Berbeda sekali dengan dirinya yang dulu. Seok mulai memiliki banyak teman, menjadi idaman para wanita, menjadi rebutan para agensi yang berusaha untuk merekrutnya.
Ia juga menjadi kuat, lebih sporty, fashionable, dan kelebihan-kelebihan lainnya yang buat cowok-cowok jadi iri.

Namun, ada satu sisi yang belum bisa berubah pada diri Seok, dalam dirinya masih ada jiwa "pengecut". Walaupun fisiknya berubah, tapi ia tetap memiliki kekurangan. Jiwa "pikachu"nya masih menempel pada dirinya terutama ketika ia kembali ke tubuh asalnya.

Namun, Seok tidak pernah menyerah. Ia sadar betul akan ke-pengecut-an dirinya. Ia terus berbenah, berusaha mengubah dirinya. Seok banyak belajar dari teman-temannya, terutama Deok. Meskipun memiliki fisik yang sama buruk, ia tak pernah menyerah dan minder. Ia selalu berusaha dan semangat dalam menggapai impiannya. Meskipun penolakan kerap kali ia dapatkan. 
Ia juga berani mengatakan tidak, meski pada akhirnya ia tetap di siksa.

Seok sadar, ia juga harus berubah, mentalnya juga harus ikut berubah. 

Meskipun dunia mencibir karena kekuranganmu, jangan ambil pusing! Toh, mereka yang mencibir juga punya kekurangan. Tak ada yang sempurna di dunia ini kan? Belum tentu mereka yang suka mengomentari hidup orang lain hidup mereka juga sudah sempurna.

Jadi, seberat apapun masalahmu, jangan jadi pecundang. Hadapi dan selesaikan. Masalah tak akan selesai jika kita menghindarinya.


Dan orang lain tak akan mau menyelesaikan masalah yang kita buat. Karena semua orang juga memiliki masalahnya masing-masing.
So, selesaikan apa yang telah kamu mulai!


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membaca webtoon ini. Setiap episode sang author menyampaikan "warning" untuk para pembaca. Karena webtoon ini mengandung banyak kekerasan dan muatan dewasa. 

No comments:

Post a Comment