Bukan siapa-siapa

Tidak Ada Ide Adalah Sebuah Ide


Tidak ada ide adalah sebuah ide
Jujur saja tema ini aku dapatkan ketika aku tidur dan bermimpi, ketika bangun aku langsung menuliskan ide ini. Dalam mimpi, aku yang backgroundnya adalah pendidikan, menjadi seorang guru disebuah sekolah yang tidak asing lagi bagiku, tapi ketika dalam mimpi semuanya kadang tampak tidak rasional, tidak seperti kehidupan nyata. Ketika aku mengajar di sekolah (sekolahnya adalah perpaduan antara sekolahku ketika SMA dan siswanya adalah siswa ditempatku magang dulu, kombinasi yang luar biasa) sebagai guru aku dituntut untuk membuat sebuah tulisan dan review tentang pembelajaran yang akan berlangsung. 

Hari pertama lancar-lancar saja, aku mampu membuat 2 tulisan yang menarik, dan masalah muncul dihari kedua, karena pada hari kedua aku diharuskan membuat 3 tulisan, sesuai dengan jumlah aku harus mengajar dalam 1 hari. Jadi jika aku mengajar dalam 1 hari sebanyak 2 kali, maka tulisannya ada 2, karena keesokannya aku mengajar 3 kali aku harus membuat tulisan sebanyak 3 buah (sekarang aku paham, dikehidupan nyata ternyata tulisan ini adalah seperangkat RPP -rencana pelaksanaan pembelajaran- yang wajib ada sebelum guru mengajar). 

Di hari kedua, aku baru menyelesaikan 2 tulisan untuk pertemuan ke 1 dan 2, namun aku mendadak tidak punya ide untuk membuat tulisan ketiga, sedangkan pertemuan ke 2 dan ke 3 tidak ada jeda, begitu selesai kelas pertemuan ke 2 aku langsung masuk ke pertemuan ke 3. Aku uring-uringan, galau, waktu semakin dekat sedangkan aku belum juga punya ide sedikitpun untuk membuat tulisan.

Lalu aku mengatakan pada nenekku bahwa aku tdk punya ide (ada nenek dalam mimpi, mungkin aku rindu). Berkali-kali ku katakan bahwa aku tidak punya ide. Aku terdiam, dan mengulang-ulang kata tidak ada ide dan sebuah ide. Sehingga terciptalah gagasan baru didalam mimpi bahwa tidak ada ide adalah sebuah ide.

Yap benar, tidak ada ide adalah sebuah ide bagus untuk membuat sebuah tulisan. Mengapa kita tidak mendapatkan ide, penyebab kita tidak mendapatkan ide, dan solusi mudah mendapatkan ide, bisa kita jadikan sebuah tulisan. Dan langkah terakhir adalah dengan mengembangkan kerangka-kerangka tersebut.

Berhubung kita sedang berbicara tentang ide, yuks kita bahas sekalian kenapa kita tidak atau sulit mendapatkan ide.
Ide adalah sebuah rencana atau gagasan dalam pikiran kita.
Mengapa kita sulit mendapatkan ide? Karena kita tidak peka. Seperti tulisan saya sebelumnya tentang "PEKA, salah satu cara mendapatkan inspirasi", bahwa kita kurang peka. So sepele!
Tapi ternyata itu adalah salah satu biang masalah selain kita kurang membaca, kurang berlatih, kurang pengalaman, kurang main, kurang piknik, kurang makan, dan kekurangan-kekurangan lainnya. 

Karena kita sudah mendapatkan penyebabnya, kita langsung bisa menemukan solusinya, yaitu dengan menjadi pribadi yg lebih peka, ketika sudah menemukan ide tulislah idenya pada kertas/buku, di hp atau dimana saja yang mudah kamu akses kembali nanti. For example, tulisan ini muncul karena kepekaan penulis terhadap mimpi yang dialami, lalu ketika bangun ide ini langsung ditulis seadanya di tablet. Sehingga ide yang muncul ini tidak sia-sia dan bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan. 

Selain itu, berlatih adalah hal yang sangat penting, karena tanpa berlatih kita tidak akan terbiasa dan akan mengalami kesulitan.
Nah begitulah ceritanya kenapa tulisan ini bisa muncul. Kalau begitu, saya akan menantang teman-teman semua seberapa peka kah kalian, nah dari tulisan saya ini, apakah teman-teman bisa membuat tulisan baru dengan ide yang sangat mudah dan kata-katanya terinspirasi dari tulisan hari ini atau tulisan-tulisan lainnya dr blog ini? Kalau ada koment di bawah ya, kita akan berbagi kepekaan.
Akhirul kalam, happy reading guys, enjoy it!
Kalau begitu selamat membaca dan selamat hari minggu, enjoooyyy 😊 

No comments:

Post a Comment